Minggu, 15 Mei 2016

BELAJAR DARI CECAK PART 2


بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


Analogi ini dihubungkan dengan strategik bisnis. Anggaplah yg menjadi sasaran/pelanggan adalah nyamuk...,, so' ketika kita mmberikan harga barang yg terjangkau, pelanggan akan terbuai/terlena, akan mabok dan dengan sendirinya dan akan mendatangi kita tanpa perlu mengeluarkan biaya promosi (iklan)😊

Meskipun untung sedikit, jika banyak pelanggan tentunya modal usaha kita terpelihara dan kelancaran usaha kita terjamin.
Sehingga target pencapaian usaha yg tlah kita jalankan dapat mudah tercapai.

Jika target pertama tlah bisa diraih,, bersiap2lah menghadapi target yg lebih besar/tantangan intern yg muncul dlm diri kita (saya kaitkan dengan ambisi) ataupun tantangan eksternal yg bs berarti dlm saingan usaha yg tlah memiliki jaringan  (ini digambarkan dengan cicak terhadap kucing)..😊

Pada page sebelumnya saya sudah sempat postingin yaaaa, jenis tantangan internal yg dari kepribadian kita (PERAN SQ dan EQ).😊

Yang kali ini kita akan bahas secara khusus dari faktor eksternal atau saingan usaha😊😊, balik menantang gg perlu banting harga dari saingan usaha/meniru gaya saingan usaha, akan tetapi gunakan kreatifitas (pengembangan skill) 😊!!

Kiatnya::  
Produk di bikinkan dgn pengemasan yg menarik!!
Bikin trademark yg terdaftar!!
Bikinkan kupon undian dlm tiap kemasan produk➡bisa dianggarkan 0,05% dr usaha😊


Seseorang yg memiliki kemampuan lebih namun kurang percaya diri digambarkan sebagai seekor kucing 😊
Kamampuan seperti memiliki daya intelegensi yang tinggi dan analisis yang Bagus.

So' jika anda berminat buka usaha pelajari dengan seksama strategic cecak, tapi sebelum melangkah ke strategik target analisis terlebih dahulu karakteristik pelanggan/wilayah!!
(Kayaknya perlu dilengkapi nih)😀
-Karakteristik wilayah!!
Jika diwilayah yg menjadi sasaran wilayah yg banyak mahasiswa/anak kost (miss::kuliner)
Jika diwilayah yg mendominasi ibu rumah tangga!! 
(miss::sembako)
-Karakteristik sasaran pelanggan!!
Ini perlu dilakukan analisis pendapatan masyarakat/yg dijadikan sasaran pelanggan!!
-Karakteristik pelanggan!!
Berhubungan dengan analisis tipekal pelanggan!! 
-Ada pelanggan yg musiman!!
-Pelanggan bertahan!!
-Pelanggan yg berdasar hobby!!

Yang dicari bukan untung besar dgn pelanggan musiman tapi yg dicari untung kecil dengan pelanggan yg bertahan 😊👌

Dalam versi 2 ::
Nyamuk itu bs diibaratkan dengan orng yg mudah terlena/tertipu ➡➡ atau percaya pada kamuflasa/tipuan mata, tanpa dicek kepribadian orang yg menjadi pilihan hidupnya!! 😊

Juga dapat dikaitkan dengan seseorang yg tlah terlena atau mudah puas dengan kesuksesan yg tlah diraih tanpa berpikir untuk terus mengembangkan diri, sehingga pada saat ada saingan yg lebih berkompeten, dia mati langkah dan gagal oleh saingan yg ternyata tlah siap bersaing (dalam usaha dan dunia kerja) !!😊

Sedangkan pada analogi memancing, memancing dgn jala yg menjadi sasaran untung kecil (ikan kecil), tapi mampu menarik peminat pada wilayah pemasaran yg luas (biar ikan kecil tapi banyak ),,
Dan apabila dalam menggunakan jala dgn sasaran ikan yg besar, meskipun bisa ditangkap tapi jala bs cepat robek dan ikan yg besar meskipun pernah masuk pada jala yg kita pasang, akan lepas kembali, jala bisa menjadi robek ...(pelanggan gg bertahan) 😊😊

Umpan untuk dipasang pada jala, atau usaha yg menjadi pilihan adalah usaha yg banyak diminati dengan harga yg menggiurkan 😊😊

Naaahhh demikian analogi cecak dan memancing secara khusus dan exklusif 😊!! 

Tidak ada komentar: